Lama pendidikan tidak akhirnya.Menurut Lengeverd bahwa di
saat ketika anak itu telah sadar atau mengenal kewibawaan(gezaag).Adapun
ciri-cirinya:adanya kestabilan,sifat tanggung jawab dan sifat berdiri sendiri.
Menurut sarjanawan pendidikan dari Barat lma pendidikan
jika anak telah berumur 20 atau 21 tahun sedang menurut bangsa Timur,bahwa
prndidikan tidak hanya di mulai sejak prenatal melainkan di mulai sejak anak
diciptakan(konsepsi).
Dasardan tujuan
merupakan salah masalah ynng sangat fundamental dalam pelaksanaan
pendidikan.Oleh karen itu dasar akan mennetukn corak dan isi dari pensdidikn
akan menuju arah mana anak dibawa
2.1
Apakah Pendidikan itu?
Pendidikan adalah bantuan yang diberikan dengan sengaja kepada anak
dalam pertumbuhan jasmani maupun rohaninya untuk mencapai tingkat dewasa.
2.2
Mendidik dan Mengajar
Mendidik lebih
luas dari pada mengajar, mengajar hanyalah merupakan alat atau sarana di dalam
mendidik. Sedangkan mendidik harus mempunyai tujuan nilai-nilai yang tinggi.
2.3
Batas-batas Kemampuan Penduduk
Adapun faktor-faktor yang membatasi kemampaun pendidikan adalah :
1)
Faktor yang terletak pada anak didik
2)
Faktor yang terletak pada si pendidik
3)
Faktor yang ada pada lingkungan.
2.4
Lama Pendidikan dan Kedewasaan
Menr langeveld, batas bawah dari pendidikan itu ada saat dimana
anak telah mengenal kewibawaan.
2.5
Macam-macam Pendidikan
1)
Membedakan menurut filsafat atau pandangan
hidup
2)
Membedakan menurut aspek-aspek pendidikan
3)
Membedakan menurut tingkatnya
4)
Membedakan menurut umumnya
5)
Membedakan menurut tempat
pendidikannya
6)
Membedakan menurut isi pendidikan
7)
Membedakan menurut sifat anak didik
8)
Membedakan menurut sifat pelaksanaan
A.
Apakah Pendidikan Itu ?
Mengenai pertanyaan apa pendidikan itu
dapat kita jawab. Bahwasannya dalam buku ini dikemukakan dua pengertian secara
umum, berikut pengertian tersebut:
Definisi I : Pendidikan
ialah suatu usaha yang sadar yang teratur dan sitematis, yang dilakukan oleh orang
– orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi anak agar mempunyai
sifat dan tabiat yang sesuai dengan cita – cita pendidikan.
Definisi
II : bantuan yang diberikan secara
sengaja kepada anak dalam
pertumbuhan jasmani maupun rohani.
B.
Mendidik Dan Mengajar
Secara teoritis pengertian mendidik dan mengajar tidaklah sama. Mengajar
berarti menyerahkan atau manyampaikan ilmu pengaetahuan atau keterampilandan
lain sebagainya kepada orang lain, dengan menggunakan cara – cara tertentu
sehingga ilmu – ilmu tersebut bisa menjadi milik orang lain.
Lain
halnya mendidik, bahwa mendidik tidak hanya cukup dengan hany memberikan ilmu
pengetahuan ataupun keterampilan, melainkan juga harus ditanamkan pada anak
didik nilai – nilai dan norma – norma susila yang tinggi dan luhur.
Dari
pengertian diatas dapat kita ketahui bahwa mendidik lebih luas dari pada
mengajar. Mengajar hanyalah alat atau sarana dalam mendidik .dan mendidik harus
mempunyai tujuan dan nilai – nilai yang tinggi.
C.
Batas – Batas Kemampuan Pendidikan
Adapun factor – factor yang membatasi kemampuan pendidikan ialah :
- Faktor anak didik, Anak didik adalah pihak yang dibantu. Pada dasarnya dalam diri anak tersebut sudah terdapat potensi – potensi yang kemungkinan dapat dikembangkan yang mana dalam pengembangannya membutuhkan bantuan pihak lain.
- Factor si pendidik, Pendidik adalah pihak yang memberi bantuan kepada anak didik . dalam hal ini pendidik memberi bantuan guna mengemabangkan potensi – potensi yang ada dalm diri anak didik.para pendidik tentunya mempunyai cara – cara tersendiri guna memberikan bantuan anak dan cara tersebut belum tentu sesuai dengan anak, inilah yang menjadi penentu pada akhirnya dalam keberhasilan pendidikan.
- Factor lingkungan, Lingkungan disini dapat berupa benda – benda, orang –orang , dan lain sebagainya yang ada di sekitar anak didik. Suatu hal disekitar anak dapat memberi pengaruh langsung terhadap pembentukan dan perkembangan anak.
D.
Lama Pendidikan Dan Kedewasaan
Yang dimaksud lama
pendidikan disini adalah hal yang menyangkut kapan pendidikan itu dimulai
(batas bawah) dan kapan pendidikan itu berakhir (batas atas). Menurut langeveld
batas bawah dari pendidikan itu ialah saat dimana anak mulai mengakui dan
menerima pengaruh atau anjuran yang datang dari orang lain.
Sedangkan batas atas dari
pendidikan adalah apabila anak telah mencapai tinggkat dewasa dalam arti
rohaniah. Adapun ciri – cirinya yaitu : adanya sifat kestabilan (kemantapan),
adanya sifat tanggung jawab, adanya sifat kemandirian.
E.
Macam – Macam Pendidikan
Ditinjau dari segi pelaksanaan pendidikan dapat dibedakan sebagai berikut:
Ø Pendidikan menurut filsafat atau pandangan hidup
§
Pendidikan Nasionalis
§
Pendidikan Kolonialis
§
Pendidikan Komunis
§
Pendidikan Liberalis
§
Pendidikan Islam
§
Dan lain sebagainya
Ø Menurut segi – segi atau aspek – aspek pendidikan.
§
Pendidikan Akhlak atau Budi Pekerti
§
Pendidikan Kecerdasan
§
Pendidikan Keindahan
§
Pendidikan Kewarga Negaraan
§
Pendidikan Jasmani
§
Dan sebagainya
Ø
Menurut tingkatan – tingkatannya
§
Pendidikan Pra Sekolah
§
Pendidikan Dasar
§
Pendidikan Menengah
§
Pendidikan Tinggi
Ø
Pebedaaan menurut umur
§
Pendidikan Prenatal
§
Pendidikan Bayi
§
Pendidikan Anak
§
Pendidikan Pemudah
§
Pendidikan Orang Dewasa
Ø
Pembedaan menurut tempat pendidikan
§
Pendidikan Di Rumah
§
Pendidikan Di Sekolah
§
Pendidikan Masyarakat
Ø
Menurut isi pendidikan
§
Pendidikan Umum
§
Pendidikan Kejuruan
Ø
Menurut segi pelaksanaan
§
Pendidikan Formal
§
Pendidikan Non Formal
§
Pendidikan Informal
Ø
Menurut sifat atau keadaaan anak didik
§
Pendidikan Biasa
0 komentar:
Posting Komentar